Artikel Nutrisi ternak

About Me

Nama: prambudi
Lokasi: Sidoarjo, East Java, Indonesia
About Me: Lahir Di Solo, Alumnus Nutrisi Ternak IPB 34(1997-2001). Menyukai tantangan dan Sedikit tahu tentang Poultry bussiness dan Nutrition. Hobi otak-atik blogger.
See my complete profile

di My YM!

Last posting

Lorong Religi

Demi masa, sesungguh manusia dalam kerugian kecuali yang berbuat kebaikan dan beramal sholeh

Links

  • AnimalNutrition (Versi Eng)
  • Info Beasiswa di Indonesia
  • Fakultas Peternakan IPB
  • Google:Search Engine
  • Yahoo Indo Mail
  • All Friends

    Forum Diskusi

    Maturnuwun... telah berkunjung

    My Gallery

  • Journey to Lexington & Brasil (Alltech Trip)
  • INMT 1997/34 (need update)
  • My Files

    My Fav Team ELP

    Official Website MU --Entry now--

    free Commercial

    Sementara khusus SBY dan sekitar

    My Files

    Friday, December 08, 2006

    ANIMAL NUTRITION II (Bawang Putih....)

    BAWANG PUTIH (Garlic; Allium sativum) :
    AROMA KANDANG AYAM SEHARUM DAPUR MASAK

    I. SELAYANG PANDANG BAWANG PUTIH

    Sejak ribuan tahun lalu manusia telah mengenal bawang putih sebagai tanaman serba guna baik untuk bumbu masak ataupun untuk pengobatan suatu penyakit. Pada tahun 830 SM beberapa ilmuwan yunani seperti Dioscorides and Hippocrates sudah mengidentifikasikan kegunaan dari bawang putih untuk pengobatan, pada saat itu sekitar 62 jenis penyakit dapat disembuhkan dengan garlic. Pada perkembangan selanjutnya orang mengenal garlic/bawang putih sebatas sebagai bumbu masak dan jarang orang yang mengetahui manfaat dari garlic ini. Semenjak di kampanyekan “Bact to The Nature” oleh negara-negara Eropa dan Amerika maka orang mulai melirik manfaat dari garlic ini.

    Mengapa orang sedemikian tertarik pada bawang putih ini ? Berdasarkan penelitian di Eropa, Amerika serta beberapa negara di Asia pasifik, garlic mengandung zat-zat yang bersifat antibiotik. Menurut Nishimo et.al. (1989) Garlic/hasil estraknya mampu mencegah terjangkitnya tumor pada tubuh manusia, serta beberapa literature menyebutkan bisa menyembuhkan penyakit jantung (Artherisclerosis). Berdasarkan beberapa literatur umbi garlic mengandung :

    · Allicin dan alliin adalah zat yang bersifat anti bakteri yang mencegah infeksi dari bakteri pathogen.
    · Anti-hemolytic Factor yang berguna sebagai pelindung dari efek toxisitas logam berat yang masuk kedalam tubuh
    · Diallyldisulphide dan allylpropyldisulphide adalah zat yang bersifat lipolitic yang berguna menurunkan kadar lemak/kolesterol darah.
    · Selenium adalah trace mineral yang sangat berperan dalam proses pembentukan antibody tubuh.

    Dengan semakin berkembangnya Ilmu dan teknologi maka untuk mendapatkan zat-zat tersebut diatas maka kita tidak perlu memakan bawang putih mentah-mentah lagi, teknologi extraksi membantu kita untuk mendapatkan zat-zat tersebut. Sehingga kita sekarang dapat membeli kapsul extrak garlic di toko-toko obat. Dengan proses ekstraksi tersebut ternyata mendatangkan tantangan pada sektor peternakan yaitu dengan dihasilkannya limbah bawang putih/garlic yang dapat diaplikasikan pada peternakan ayam. Ada beberapa negara di Asia seperti negara China, telah menghasilkan tepung limbah ekstrak garlic dalam jumlah yang cukup banyak.


    II. AROMA KANDANG AYAM SEHARUM DAPUR MASAK

    Pemakaian garlic di beberapa negara bagian Amerika pada sektor peternakan diawali dari hasil riset di Clemson University South Carolina. Pada awalnya para peneliti di Clemson University melakukan riset garlic bertujuan untuk mengetahui tentang dampak pemakaian garlic pada kondisi kondang ayam petelur. Pada riset ini dilakukan penambahan 3% tepung bawang putih pada pakan ayam petelur produksi (Laying). Pengamatan ini dilakukan 3 minggu setelah perlakukan dimulai. Hasil dari riset itu menunjukkan bahwa pada kandang yang ayamnya diberi pakan berbawang putih tersebut berbau kotoran yang tidak terlalu menyengat jika dibandingkan dangan kandang lain yang tidak diberi bawang putih pada pakannya. Menurut peneliti hal itu dapat terjadi kemungkinan karena tereduksinya kandungan sulfur pada kotoran ayam yang menyebabkan bau menyengat serta kondisi kotoran yang tidak terlalu basah sehingga kandungan H2S diudara sekita kandang akan semakin sedikit. Menurut peneliti bahwa dengan pemakaian bawang ini akan membuat kandang tidak lagi berbau kotoran tetapi berbau harum seperti dapur masak.
    Selain itu dengan pemakaian Garlic, menyebabkan aroma pakan menjadi harum, dari informasi dilapangan mengatakan pakan pabrikan "A", baunya seperti kacang goreng/nasi goreng. Sehingga bila pakan ini disimpan dalam gudang kandang ayam, maka aroma harum bawang putih akan menyebar ke sekitar kadang. Hal ini tentunya akan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat sekitarnya.

    Dalam aplikasinya harus diperhatikan dosis optimumnya, karena jika dosisnya berlebih maka akan mengganggu pada ayam DOC. Beberapa laporan dari lapangan jika dosisnya berlebih menyebabkan mata DOC menjadi sensitif/mudah berair, jika hal ini terjadi maka akan mengakibatkan performance ayam diminggu pertama dibawah standard.

    Kemungkinan pada masa yang akan datang pemakaian garlic tidak hanya sebatas memperbaiki kondisi lingkungan kandang (mengurangi bau kotoran) saja, jika dilihat dari kandungan zat aktif pada bawang putih. Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan suatu aflatoxin pada umbi-umbian atau biji-bijian akibat adanya aspergillus flavus dapat ternetralisir dengan adanya diallyl sulphida.. Hal ini mengisyaratkan bahwa garlic perpotensi untuk mensupport kerja dari toxin binding. Selain itu dengan adanya selenium, allicin dan alliin maka garlic ini juga cukup berpotensi sebagai antibiotik dan perkursor zat immune. Dan tentunya dengan adanya zat-zat ini kemungkinan proses-proses metabolisme tubuh akan berjalan lebih optimal. Untuk itu perlu dilakukan suatu riset yang lebih mendalam lagi guna meneliti kegunaan garlic ini untuk kesejahteraan ternak (animal walfare) serta tentunya juga untuk lebih menjamin kesejahteraan manusia (human walfare) yang lebih baik dengan mendapat daging dan telur ayam yang sehat.

    (Diolah dari beberapa sumber)

    2 Comments:

    At 10:14 AM, Blogger Excellent said...

    Artikel ini cukup lengkap.Alangkah baiknya disertakan juga penelitian-penelitian yang terkait tentang khasiat bawang putih agar teruji kevalidannya. Trims...

     
    At 3:21 AM, Blogger ahmad maryuki said...

    wah blognya profesional. mirip diforum2. artikelnya juga mempesona dan berisi. salam kenal mas. saya belajar banyak di sini

     

    Post a Comment

    << Home

    Info beasiswa Informasi Beasiswa
    My List

    Kumpulan artikel nutrisi ternakAnimal Nutrition

    kumpulan artikel Gizi dan KesehatanNutrition & Human Health

    Kumpulan artikel motovasi & inspirasiMotivation & Inspiration

    Feedmill Direktori

  • PT.Sierad Produce Tbk
  • PT. Japfa Comfeed
  • Charoen Pokhpand Group
  • Evialis Indonesia
  • Cargill
  • PT. CheilJedang Indonesia
  • Wonokoyo Group
  • Malindo
  • Feed aditives Comp.

  • PT. Alltech Indonesia
  • PT. SHS
  • PT. Ima
  • Behnmeyer
  • JJ degussa
  • Evonik Degussa>
  • Nutreco
  • Kesan & Pesan

    Nama :
    Web/Email :
    Tulis Komentar :
    :) :( :D :p :(( :)) :x

    Anda Pengunjung ke:

    Supported by
    Free Blog Templates
    YES JOGJA
    Powered by Blogger
    free Comercial
    © 2006 Prambudi Powered by YES JOGJA, BLOGGER & Doneeh, Original Template Designed by 15n41n1, Last Modified by: Cah Tani Bogor